Pendidikan

Sosialisasi PAUD HI Menuju Terwujudnya Anak Indonesia Sehat Cerdas

Seputarntb.com – Himpunan pendidik dan tenaga ke pendidikan anak usia dini Indonesia (HIMPAUDI) Lotim adakan rapat koordinasi sekaligus akan mensosialisasikan PAUD Holistik Integratif(HI) di laksanakan di PAUD HI Tarbiyatul Ummah Tanak Kaken, Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur.

Dalam rapat, sepakat untuk bersama dalam rangka  mensosialisasikan PAUD HI di wilayah Lombok Timur agar semua PAUD di Kecamatan berbenah menjadikan PAUD HI di kecamatan Lombok Timur masing-masing tempat PAUD  bisa belajar di wilayah nya sendiri dan mencontohi PAUD HI.

Usman ketua HIMPAUDI Lombok Timur mengatakan, selain akan mensosialisasikan, ia akan mengajak semua pengurus untuk siap membantu dalam rangka persiapan PAUD HI yang akan mengikuti lomba tingkat Provinsi karena teman-teman pengurus Himpaudi juga mengelola PAUD dan rata-rata  jadi guru PAUD dan sudah mengikuti Trainer of Training (TOT) atau Pelatihan Calon Pelatih (PCP) tingkat dasar,tingkat lanjutan hingga tingkat mahir sebagai pelatih tenaga pendidik PAUD.

“Untuk itu sepakat  berbenah bersama menjadikan PAUD HI di tingkat desa minimal ada satu PAUD HI dan kami siap membantu dalam hal administrasi, pembelajaran dan lainnya  yang sesuai Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif” ungkapnya pada sabtu (5/2/22).

BACA JUGA :  Demo Aliansi Mahasiswa Lombok Tengah, Sekda Kabur!

Ia menambahkan. Tujuan PAUD HI secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia; sedangkan secara khusus tujuannya adalah:
(1) terpenuhi Holistik Integratifnya kebutuhan esensial anak usia dini.
(2) terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada.
(3) terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah.
(4) terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah

“itu tujuan dari PAUD HI yang akan kami sosialisasikan, sebelumnya PAUD Hi sudah ada di Tarbiyatul Ummah Tanak Kakek, Sakra,” tutup Usman. (idok)

Artikel Terkait

Back to top button