Pendidikan

Program Dikritisi, Kadis Dikbud NTB Sampaikan Apresiasi

Seputarntb.com – Unjuk rasa yang menyoroti sejumlah program di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, beberapa waktu lalu, ditanggapi dengan baik oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, Dr H Aidy Furqan,M.Pd

Seperti diketahui, sebelumnya Aliansi Pemuda Peduli Masyarakat Nusa Tenggara Barat (APPM-NTB) melakukan aksi demonstrasi di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (DIKBUD-NTB). Mereka menyoroti masalah Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja 2019, pengadaan Kapal, dan program Sabtu Budaya yang dinilai pemborosan anggaran.

Kadis Dikbud NTB, Aidy Furqan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mengkritisi dan ikut mengawal jalannya program di Dinas setempat.

“Kami mengapresiasi semua pihak, rekan-rekan aktivis pendidikan dan media yang sudah mengingatkan Dikbud agar lebih maksimal dalam Tata Kelola Manajemen, tata kelola koordinasi, maupun program yang berjalan saat ini,” katanya, Jumat 10 Desember 2021 di Mataram.

BACA JUGA :  Antisipasi Musim Kemarau, HBK PEDULI Genjot Suplai Air Bersih Gratis Bantu Warga Terdampak Kekeringan di Lombok

Namun demikian, papar Furqan, ada beberapa hal yang saat ini menjadi ramai dibicarakan yang perlu diklarifikasi.

Yang pertama, soal Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja tahun 2019, senilai Rp 34 Miliar.

Furqan memaparkan, anggaran Kemendikbud tersebut disalurkan langsung ke masing-masing sekolah penerima pada 2019.

“Untuk BOS Afirmasi dan BOS Kinerja ini anggarannya langsung ke sekolah penerima, kami di Dikbud hanya menerima tembusan nama-nama sekolah penerima saja. Besarannya pun bervariasi,” katanya.

Namun, karena saat itu tahun 2019 belum ada petunjuk teknis pemanfaatan dari Kementerian, sehingga dana tersebut menjadi Sisa Lebih Perhitungan (SILPA) di sekolah-sekolah penerima.

Ia mengatakan, karena pada tahun 2019 tak bisa dieksekusi, maka awal tahun 2020 terbit juknis pemanfaatan. Kementerian Pendidikan bersurat agar sekolah segera memanfaatkan dana BOS Afirmasi dan Dana BOS Kinerja itu.

1 2 3 4Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button