Pendidikan

Pentingnya Pembelajaran Budaya Lokal, Institut Elkatarie Gelar Seminar Nasional Bertajuk Sasakologi Multipotensi

Seputarntb.com – Bertempat di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur Institut Elkatarie menggelar seminar nasional bertajuk Sasakologi Kajian Merdeka Belajar Multipotensi hari ini Minggu (27/2/22).

Seminar ini dilakukan dengan tujuan agar kesadaran dan pelestarian budaya adalah tanggung jawab bersama, khususnya bagi lembaga pembelajaran.

 Selain itu, keberagaman Kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Daerah, khususnya di Lombok Timur, di tengah dinamika perkembangan dunia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor Institut Elkatrie, Asbullah Muslim M Pdi pada wartawan ketika seminar berlangsung.

“Inilah saatnya, untuk membenahi masalah kebudayaan yang terjadi sekarang ini harus mulai dari hulu dan hilirnya, Institute Elkatrie hadir di situ, dengan fokus membangun kurikulum berbasis kebudayaan,” Ujar Asbullah Muslim.

BACA JUGA :  Sambut Hari Pendidikan Nasional, PD KMHDI NTB dan PC Mataram Gelar Kegiatan "KMHDI Mengajar"

Lebih lanjut ia menegaskan, lembaga pendidikan yang ada sekarang sudah mulai meninggalkan pembelajaran kebudayaan di dalamnya, seperti pembelajaran bahasa sasak yang dulu ada, cara pemakaian sapuk (ikat kepala), dan lain sebagainya yang dimana mata pelajaran yang fokus mengajarkan masalah budaya dan adat istiadat sasak sudah tidak ada.

Guru sebagai agen kebudayaan hanya dapat dihasilkan dari lembaga yang benar-benar digarap serius.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button