Pendidikan

MAN 2 Mataram Gelar Simulasi Skala Besar AKM Pengganti UN

Seputarntb.com – Simulasi Skala Besar (SSB) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) hari ini (24/11) digelar di MAN 2 Mataram. Bertempat di Computer Center. Simulasi ini diikuti oleh 5 orang siswa. Selaku koordinator pelaksanaan kegiatan yaitu Wakil Madrasah Bidang Akademik Lalu Ahmad Fahruddin, M.Pd., dibantu seorang proktor Wahyu Indrayadi Arisanta, S.Pd., dan dikawal oleh helpdesk wilayah Indonesia Timur Feronisa Humaira, ST.

Asesmen Kompetensi Minimum adalah kompetensi yang benar-benar minimum dimana madrasah dan daerah-daerah dipetakan berdasarkan kompetensi minimum. Materinya mencakup tiga hal, yaitu Literasi, Numerasi dan Karakter. AKM erat kaitannya dengan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

BACA JUGA :  Kapolri Tekankan Terus Awasi Implementasi Kebijakan Larangan Ekspor Minyak Goreng

Literasi bukan sekadar kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan. Sedang numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Literasi dan numerasi bukanlah mata pelajaran Bahasa dan Matematika, melainkan kemampuan peserta didik menggunakan konsep untuk menganalisis materi.

Numerasi merupakan kemampuan membaca teks menghitung dan karakter atau kepribadian peserta didik.

Terkait dengan survei karakter merujuk kepada ekosistem madrasah, model implementasi asas-asas Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sikap empati atau gotong royong dari peserta didik. Survei karakter lebih menukik kepada pendidikan berbasis karakter atau pada penilaian afektif peserta didik.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button