Pendidikan

Komunitas Literasi Berugak Pustaka Gelar Perpustakaan Jalanan Guna Meningkatkan Minat Baca

Seputarntb.com – Berangkat dari keresahan terhadap minat baca. Komunitas Literasi Berugak Pustaka gelar perpustakaan jalanan guna menambahkan minat baca terhadap anak-anak dan pemuda.

“Komunitas literasi Berugak Pustaka berada di kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) fokusnya kami ialah berkeliling  atau per bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk membaca dan berdiskusi buku yang dibaca oleh anak-anak dan pemuda, ” kata pegiat literasi Berugak pustaka, Yusraen kepada wartawan ketika ditemui sedang lapak pada Selasa (5/4/22).

Komunitas ini keliling dengan membawa buku  dan mengajak masyarakat untuk membaca. Selain itu, komunitas ini juga berdiskusi dan membedah buku yang dibaca masing-masing. Selanjutnya bertukar pengalaman dan ilmu untuk dibagi. kegiatan ini tidak jauh berbeda dengan perpustakaan jalanan (Perjal) yang lain, selain membaca dan diskusi  lapak buku juga menyediakan games untuk anak-anak.

BACA JUGA :  Lokakarya 7 untuk Bekal Kemampuan Kepemimpinan Pembelajaran Guru Penggerak.

Ia menambahkan, gagasan tersebut berawal dari diskusi di sebuah berugak atau Gubuk dengan tiga orang sahabat sejawatnya, mereka memiliki cita – cita untuk melakukan sebuah gebrakan baru yang belum pernah ada di Masbagik. Salah satunya dengan hadirnya perpustakaan berjalan ini sehingga ke depannya akan muncul ide dan gagasan untuk kemajuan Masbagik serta budaya membaca.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button