HukrimPendidikan

Dugaan Pungli SMAN 8 Mataram, Inspektorat Ingatkan Tidak Ada Pungutan di Luar Ketentuan

Seputarntb.com – Inspektur pada Inspektorat NTB Ibnu Salim, S.H., M.H., mengingatkan pada seluruh kepala sekolah se NTB untuk tidak melakukan pungutan di luar ketentuan yang sudah ditetapkan. Jika ada sekolah yang melakukan pungutan di luar ketentuan atau tidak memiliki dasar, ancaman hukum menanti.

“Jadi jangan melakukan pungutan yang tidak ada dasarnya. Nanti kita akan melakukan pembinaan pada seluruh kepala sekolah dari Satgas Saber Pungli yang diketuai Irwasda Polda NTB,” ujarnya saat dikonfirmasi terkait kasus pungutan di SMAN 8 Mataram di Kantor Gubernur NTB, Kamis, 20 Januari 2022.

Nantinya, Tim Satgas Saber Pungli akan memberikan penjelasan pada pihak sekolah agar pungutan yang tidak ada dasarnya tidak dilakukan. Tidak hanya itu, Inspektorat juga mengingatkan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk melakukan pengawasan pada sekolah-sekolah yang berada di bawah kewenangannya. Pihaknya tidak ingin kasus seperti ini terulang kembali di sekolah-sekolah lain.

BACA JUGA :  Daftar 6 SMA Terbaik di NTB Update Terbaru LTMPT Kemdikbud 2022, Salah Satunya MAN IC Lotim

Mengenai tindakan terhadap kepala sekolah atau pihak yang terlibat di dalamnya dengan hanya mengembalikan uang pungutan, mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja NTB ini, pihaknya belum menemukan motif pungutan ini menguntungkan diri sendiri. Sementara pungutan yang dilakukan baru untuk kepentingan sekolah atau OSIS. Apalagi ini sudah dilakukan rapat internal dengan wakil kepala sekolah. Selain itu, uang hasil pungutan juga belum digunakan.

Menurutnya, jika nanti ditemukan bukti pihak sekolah melakukan pungutan untuk diri sendiri dan tanpa ada dasar hukumnya, maka ancaman sanksi administrasi dan pidana menanti. “Yang jelas teguran ada diberikan agar kasus serupa tidak terulang kembali,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button