Parlementaria

Rachmat Hidayat Serahkan Bantuan Kursi Roda Adaptif untuk Penderita Lumpuh Layu

Seputarntb.com – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Dapil Pulau Lombok H Rachmat Hidayat, menyerahkan bantuan kursi roda adaptif untuk Haikal Arofi, pemuda 25 tahun yang menderita lumpuh layu, di Gerung, Lombok Barat, Senin (28/3).

“Kita sama-sama ingin agar ananda Haikal Arofi bisa tersenyum kembali,” kata Rachmat Hidayat di sela penyerahan bantuan tersebut.

Selain bantuan kursi roda adaptif, diserahkan pula bantuan untuk pemenuhan nutrisi dan makanan harian bagi Ofi, begitu Haikal Arofi biasa disapa. Ibunda Ofi, Hadijah, juga mendapat bantuan paket usaha berjualan ikan, mulai dari timbangan, boks tempat menyimpan ikan, dan juga modal awal usaha.

Ofi menderita lumpuh layu setelah kelas VI SD. Semenjak itu, aktivitasnya hanya berada di tempat tidur. Saat Rachmat datang ke rumahnya yang sederhana di kampungnya kemarin, sang ibu yang membopongnya dari dalam rumah untuk dibawa ke teras. Terlihat punggung Ofi bertabur luka. Tak bisa menggerakkan badan dan terus menerus hanya berbaring selama puluhan tahun, menjadi musabab luka di bagian belakang tubuhnya tersebut.

BACA JUGA :  Antisipasi Musim Kemarau, HBK PEDULI Genjot Suplai Air Bersih Gratis Bantu Warga Terdampak Kekeringan di Lombok

Rachmat mengungkapkan, menderita lumpuh layu seperti itu, Ofi rupanya tidak terdata sebagai penerima bantuan dari pemerintah yang disiapkan Kementerian Sosial. Ofi rupanya luput dari pendataan. Hal itu terungkap pekan lalu, saat Rachmat menggelar monitoring penyaluran berbagai bantuan sosial untuk anak-anak yang membutuhkan di Balai Anak “Paramita” milik Kementerian Sosial di Bengkel, Lombok Barat.

Saat itu, Ofi dibopong keluarganya datang ke sana. Dia bersama sang adik, Heri, yang juga menderita lumpuh layu. Namun, rupanya yang terdata dalam penerima bantuan hanya sang adik saja. Sementata nama Ofi rupanya tak tercantum sebagai penerima bantuan.

Kepada Ofi waktu itu, Rachmat memberikan bantuan dari kantong pribadinya. Setelah itu, Ketua DPD PDI Perjuangan NTB tersebut langsung berkoordinasi dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Rachmat ingin agar Ofi dimasukkan dalam daftar penerima bantuan tanpa harus menunggu proses yang berbelit-belit. Jajaran pejabat Eselon I dan Eselon II di Kemensos kemudian menindaklanjuti hal tersebut dengan cepat.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button