Pariwisata

Mengenal Lebih Dekat Desa Pulau Maringkik di Lombok Timur

Seputarntb.com – Desa Pulau Maringkik,  Kecamatan Keruak,  Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa Pulau Maringkik letaknya sangat rendah berkisaran 1 Meter sampai dengan 1,5 Meter ketinggiannya dari permukaan laut dan berada di pesisir Pantai Timur di Pulau Lombok. Luas nya sekitar 8 hektare dengan rata-rata curah hujan 1000 s/d 2000 MM / Tahun dengan suhu udara rata-rata 31º C / 84º F.

Jarak dari pusat Pemerintahan Desa ke Pemerintahan Kecamatan kisaran 10 Km, dan dari Pemerintahan Desa ke Pemerintahan Kabupaten kisaran 30 Km, serta ke Pemerintahan Provinsi kisaran 90 Km. Desa Pulau Maringkik adalah salah satu Desa yang ada di wilayah Kecamatan Keruak yang wilayahnya terdiri dari pulau-pulau kecil,  Desa ini terdiri dari 5 pulau-pulau kecil yaitu, Pulau Maringkik, Gili Bembe Besar, Gili Bembe Kecil, Gili Kere, dan Gili Kuri, dan memiliki panjang pasir putih sekitar 500 meter.

BACA JUGA :  Mi6 : Perlu ada Pekan Khusus Kaum Disabilitas dan Indigo yang memiliki kemampuan dan Prestasi tidak Biasa

Jumlah Penduduk Desa Pulau Maringkik Tahun 2020 adalah 2.760Jiwa, dan Jumlah Kepala Keluarga 629 KK, dengan rincian Laki-laki 1.329Jiwa, Perempuan 1.431 Jiwa.

Desa Pulau Maringkik adalah Desa yang memiliki beragam suku yang didiami baik Suku bajo, bugis, mandar, bima, sasak, ende. Namun seiring berjalannya waktu suku 6 itu dipadukan menjadi suku bajo, sehingga yang terkenal menjadi suku bajo. Keseharian masyarakat Pulau mungil ini dari perempuannya rata-rata menenun dengan khas bugis sedangkan dari laki-laki nya menggeluti pekerjaan sebagai nelayan. Ada pula yang menjadi guru serta pedagang kecil, adapun tenaga honor dari luar Pulau Maringkik yang mengajar di Pulau, perlu menyebrang sekitar 35 menit untuk mengajar.

Hal yang menarik dari Pulau ini adalah, perpaduan berbagai suku yang melebur jadi satu hingga menjadi suku bajo, Pulau ini menyimpan keindahan seperti pasir panjang, pantai dan kain tenun. (Idok)

Artikel Terkait

Back to top button