Menu

Mode Gelap
 

Opini · 16 Sep 2021 19:21 WITA ·

Event Olahraga Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa


 Event Olahraga Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Perbesar

Penulis : Jumaidi (Mahasiswa S1 UNU NTB, Semester III, Program Studi Ekonomi Islam)

SeputarNTB, Artikel : Desa Pandan Indah merupakan salah satu desa di bagian Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah.

Kehidupan sosial masyarakat cenderung seperti kehidupan sosial masyarakat lainnya dan lebih khususnya seperti para masyarakat rural lainnya. Di Desa Pandan Indah terdapat 12 Dusun yang tercantum di dalamnya termasuk salah satunya yakni dusun Kelambi.

Masyarakat di dusun kelambi juga tentu tidak berbeda dengan masyarakat pada umumnya, memiliki kegiatan sosial seperti bertani, berdagang, dan mengembala hewan ternak seperti kambing, kerbau, itik, ayam dan sapi. Namun ada hal yang tentunya bersifat memberdayakan ekonomi untuk menunjang keberlansungan hidup sehari-hari yang terjadi pada masyarakat Dusun Kelambi khususnya yakni dengan adanya turnamen sepak bola liga antar (Tarkam) kampung yang diselenggarakan setiap musim kering sebagai salah satu sentral atau pusat olahraga yang ada di Desa Pandan Indah pada umumnya.

Foto : Inaq Liza, salah satu masyarakat Dusun Kelambi yang bekerja sebagai pedagang guna menambahkan perekonomian keluarga.

Foto : Inaq Liza, salah satu masyarakat Dusun Kelambi yang bekerja sebagai pedagang guna menambahkan perekonomian keluarga.

Anharditya, S.Pd sebagai Kepala Desa Pandan Indah yang juga bertempat tinggal di dusun kelambi kerap kali mengadakan torunamen atau event-event besar olahraga seperti sepak bola, bola volly dan bulutangkis.

Oleh karena itu, dengan eksistensi berbagai macam tournamen olahraga tersebut tentu mencerminkan nilai-nilai positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat dusun kelambi, Karena tidak bisa dipungkiri banyak dari masyarakat dusun kelambi yang membanting setir menjadi pedagang entah itu pedagang jajan, bakso, cilok dan banyak hal lainnya yang bisa di jual demi melancarkan ekonomi keluarganya.

Dari beberapa yang dapat saya simpulkan disini, bahwa ada beberapa masyarakat dusun kelambi yang sebelumnya bukan berprofesi sebagai pedagang, namun dengan adanya tournamen sepak bola yang diselenggarakan di dusun kelambi menjadikkannya banting setir untuk menjadi pedagang dan dapat menunjang ekonomi atau hasil setiap hari sampai Rp 200 ribu bahkan lebih.

Oleh karena itu, eksistensi torunamen sepak bola di dusun kelambi dapat dijadikan sebagai wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik guna meningkatkan ekonomi keluarga dengan menjadi pegadang di event turnamen sepak bola yang ada di kampung setempat.

Artikel ini telah dibaca 38 kali

Baca Lainnya

Vaksin Dipacu, WSBK Melaju

21 September 2021 - 13:27 WITA

Trending di Opini