Menu

Mode Gelap
 

NTB · 17 Sep 2021 16:47 WITA ·

Tentara dan KPH Rinjani Timur Amankan Truk Fuso Pengangkut Kayu Sonokeling Tanpa Dokumen


 Tentara dan KPH Rinjani Timur Amankan Truk Fuso Pengangkut Kayu Sonokeling Tanpa Dokumen Perbesar

Foto : Anggota Kodim 1615 Lombok Timur bersama dengan petugas KPH Rinjani Timur mengamankan truk Fuso warna orange dengan Nopol P 8093 UR di Jalan Raya Labuhan Lombok- Pringgabaya, Jumat pagi (17/9).

Lombok Timur,Seputarntb.com – Anggota Kodim 1615 Lombok Timur bersama dengan petugas KPH Rinjani Timur mengamankan truk Fuso warna orange dengan Nopol P 8093 UR di Jalan Raya Labuhan Lombok- Pringgabaya, Jumat pagi (17/9) sekitar pukul 08.30 wita.

Truk Fuso yang dikemudikan Rd,warga Banyuwangi tersebut mengangkut kayu sonokeling diduga tanpa dilengkapi dokumen. Kemudian truk Fuso tersebut langsung dibawa ke kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB guna proses hukum lebih lanjut.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan ‎diamankan truk fuso pengangkut kayu sonokeling dan bonsai jenis santigi tersebut baru keluar dari pelabuhan Kayangan.Karena dicurigai mengangkut kayu dari Pulau Sumbawa tanpa dokumen.

Kemudian antara pihak anggota Kodim dengan KPH Rinjani Timur melakukan komunikasi, guna melakukan penindakan terhadap truk fuso tersebut.

Setelah dari anggota Kodim meminta petunjuk ke Dandim, bahkan dari Dandim meminta agar anggotanya  membantu membackup petugas KPH Rinjani Timur untuk mengamankan truk fuso yang mengangkut kayu tersebut.

Setelah itu tepat di depan pos KPH Rinjani Timur Pringgabaya petugas langsung mencegat truk yang melintas tersebut. Dengan langsung melakukan pemeriksaan dokumen dan kelengkapan administrasi dari kayu yang dibawa tersebut.

Sementara berdasarkan hasil pengecekan kayu sonokeling yang dibawa sebanyak 693 batang dengan volume 18 Meter kubik dan tiga batang bonsai jenis santigi,tanpa dilengkapi dokumen.‎

Tidak itu saja dari pengakuan sopir kalau kayu sonokeling itu berasal dari pulau Sumbawa ke Pasuruan Jawa Timur yang akan diterima salah satu perusahaan.

Dandim 1615 Lotim,Letkol.Inf.Amin M Said saat dikonfirmasi membenarkan adanya satu truk fuso pengangkut kayu sonokeling diduga tanpa dokumen yang akan dibawa dari Pulau Sumbawa-Pasuruan Jawa Timur diamankan tim satgas P3H di jalan raya Labuhan Lombok-Pringgabaya.‎

” Diamankan truk fuso itu karena mengangkut kayu tanpa dokumen yang sah,” tegasnya.

Said menambahkan ‎pemilik kayu sonokeling tersebut dinilai ‎melanggar Instruksi Gubernur NTB ttg moratorium penebangan dan peredaran hasil hutan kayu di wilayah NTB.

Hal tersebut sesuai Instruksi Gubernur Nomor : 188.4.5-75/Kum Tahun 2020 tanggal 18 Desember 2020.

” Untuk proses lebih lanjut kayu tersebut diamankan ke Kantor Dinas LHK Provinsi NTB,” tandasnya. (Bayu Ajie)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Pemkot Mataram Meminta Proyek Galian Pipa PDAM Selesai Sebelum WSBK

20 Oktober 2021 - 22:10 WITA

KMP Wicitra Dharma Kandas Akibat Mati Mesin di Perairan Lombok

19 Oktober 2021 - 21:50 WITA

Laskar NTB Ungkap Dugaan Mafia Tanah di Gili Trawangan

16 Oktober 2021 - 22:13 WITA

Sambut WSBK Mandalika,Fraksi PKB Minta Pemda Siapkan Isolasi Terpusat

15 Oktober 2021 - 11:22 WITA

Hari Terakhir PON XX Papua, NTB Raih 1 Emas dan 1 Perak

14 Oktober 2021 - 21:26 WITA

Hari Ini,NTB Dapat 3 Emas, 2 Perak, 2 Perunggu

13 Oktober 2021 - 20:01 WITA

Trending di NTB