NTB

Puluhan CPMII Gelar Aksi di Disnakertrans Lotim Minta PT BB di Tindak Tegas

Seputarntb.com – Puluhan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) datangi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Timur untuk meminta kejelasan keberangkatan mereka ke Polandia, karena sebelumnya, para CPMI itu sudah menyerahkan biaya keberangkatan kepada pihak penyalur, yaitu PT Bagoes Bersaudara(BB).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Lombok Timur, Usman yang sekaligus sebagai orator menyampaikan bahwa para CPMI semuanya meminta agar biaya yang sudah dikeluarkan dikembalikan seluruhnya. Jika diakumulasi, total seluruh dana yang telah diserahkan mencapai Rp3,2 Milyar

Usman menyebutkan, 212 CPMI tersebut mendaftar bekerja ke Polandia melalui PT BB dengan cara bervariasi.  Ada yang melalui PL/sponsor dan ada yang langsung ke kantor PT BB. Mereka menyerahkan biaya berkisar antara Rp 15.000.000 (lima belas juta rupiah)  hingga Rp 20.000.000. (dua puluh juta rupiah).

BACA JUGA :  Jro Arka Berjuang Melawan Ketidakadilan Hukum

“Akan tetapi, dari 212 CPMI yang mendaftar ke PT BB tersebut, yang terdaftar di Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) BP2MI  hanya 165 orang. Ini yang kami pertanyakan, sisanya itu 47 orang ini mau dikemanakan. Berarti ini kan prosesnya ilegal,” ujarnya di aksi tersebut di Kantor Disnakertrans Lotim pada Jum’at (1/4/22).

Lebih lanjut Usman mengatakan, masing-masing CPMI sudah menyerahkan biaya keberangkatan dan mempunyai bukti kwitansi pembayaran, sehingga pihaknya menduga PT BB telah melakukan penipuan kepada para CPMI.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button