KesehatanNTB

Provinsi NTB Sangat Siap Atasi Covid-19 Varian Baru “Omicron”

Seputarntb.com – Virus varian baru Omicron telah mewabah di Indonesia, termasuk Provinsi NTB. Guna mengatasi penyebaran virus Omicron itu, Pemprov NTB beserta Satgas NTB menyelenggarakan rapat kesiapan, Selasa (15/2/2022).

Pemprov mengharuskan setiap rumah sakit di NTB untuk menyiapkan 50 persen kamar yang ada khusus untuk pasien covid, menyediakan tabung oksigen di setiap rumah sakit dan Pemprov sendiri telah memesan 1000 tabung oksigen kecil.

Dirut RSUD Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra atau yang akrab disapa dr. Jack, memaparkan bahwa Provinsi NTB memiliki 4000 kamar rawat dan 225 ruang isolasi serta telah memesan 1000 tabung oksigen.

“Tabung oksigen ini akan dibagikan ke seluruh rumah sakit, agar tidak ada rumah sakit yang meminjam tabung oksigen”, paparnya.

BACA JUGA :  Protes Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, GPMA Gelar Aksi di Depan Kantor Dinas PUPR Lombok Timur

Covid-19 varian Delta berbeda dengan varian Omicron. “Karena pada varian Delta kita kekurangan kesiapan untuk menampung dan menyediakan fasilitas kesehatan,” katanya.

Kadis Kesehatan NTB juga mengungkapkan bahwa pada varian Delta dulunya pihaknya kelabakan. “Kita kelabakan karena kita belum punya kesiapan. Berbeda dengan sekarang kita telah menyiapkan semuanya, terutama kamar inap, tabung oksigen dan ruang isolasi”, jelasnya.

“Pemerintah juga akan mempercepat vaksinasi agar mencapai 80 persen dimana hari ini kita baru mencapai 68 persen. Vaksinasi sangat perlu terutama bagi lansia. Untuk lansia kita akan melakukan vaksinasi dor to dor”, lanjutnya. (Hardi)

Artikel Terkait

Back to top button