NTB

Problema Osamtu Desa Sembalun Bumbung, DLHK Lotim Angkat Suara

Seputarntb.com – Olah Sampah Tuntas Terpadu (Osamtu) di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, yang merupakan Pilot Projek Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur (Lotim) ,ditutup karena tidak mampu mengelola sampah dari masyarakat setempat.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup(DLHK) Lotim, Dedi Sutarmin, memaklumi kendala Pemerintah Desa (Pemdes) Sembalun, dalam mengelola sampah di Osamtu yang di resmikan oleh para pejabat pada 30 September 2020.

“Sebelum itu, kami sudah koordinasi dengan Kepala Desa Sembalun Bumbung, terkait dengan kendala yang mereka hadapi di sana,”ucap Dedi Sutarmi, saat di konfirmasi wartawan pada jum’at (4/2/22).

BACA JUGA :  Selfie di Puncak Rinjani, Pendaki Berkebangsaan Portugis Tewas Jatuh ke Jurang 150 Meter  

Dedi menambahkan, beberapa lokasi, Desa yang menginisiasi pembangunan Osamtu, jauh hari pihaknya sudah memberikan arahan agar dapat berjalan.

Mulai dari tata kelola Osamtu dan pengelolaan sampah. Seperti pemilahan sampah organik dan non organik sebelum dilakukan proses pembakaran.

“Intinya adalah, ketika mereka menggunakan pola itu, penanganan sampah harus dipilah dulu. Ketika tidak ada proses pemilahan, pasti tidak bisa berjalan,”ucapnya.

Dijelaskan Dedi bahwa, pemilahan sampah dapat langsung pada pihak pertama yaitu masyarakat, atau pihak kedua, pengelola Osamtu. Harus dilakukan pemilahan sebelum dilakukan proses penangan melalui alat tersebut.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button