EkbisNTB

Pembangunan Bypass BIL – Mandalika Tahap II dan Penataan Kawasan Mandalika, Pusat Gelontorkan Rp 700 Miliar

Seputarntb.com – Anggaran sebesar Rp700 miliar akan di gelontorkan Pemerintah Pusat untuk membiayai pembangunan Bypass BIL-KEK Mandalika tahap II serta menata kawasan di lingkar kawasan The Mandalika. Proyek-proyek tersebut diharapkan tuntas tahun ini, bahkan diupayakan selesai sebelum event MotoGP digelar pada Maret mendatang.

Setidaknya empat Satuan Kerja (Satker) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terlibat dalam proyek-proyek tersebut. Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng), Dr. H.M.Nursiah, S.Sos.M.Si., mengatakan hal itu usai rapat persiapan penataan kawasan pendukung The Mandalika, di Kantor Bupati Loteng, Senin, 10 Januari 2022.

Ia menjelaskan, ada empat kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam program ini. Pertama lanjutan pembangunan Bypass BIL-KEK Mandalika sepanjang 17,8 km. Berupa pengerjaan jalur lambat di sisi kanan dan kiri jalur utama.

BACA JUGA :  UNW Mataram, Universitas Islam Malang dan Ummat sepakat berkolaborasi untuk mewujudkan MBKM

Kemudian ada juga penataan lingkungan kawasan di utara sirkuit internasional Mandalika termasuk penataan rumah warga. Normalisasi badan sungai serta peningkatan kapasitas saluran drainase di kawasan sekitar sirkuit internasional Mandalika. Termasuk juga di dalamnya pelebaran jalan jalur depan sirkuit.

“Beberapa kegiatan saat ini sudah mulai berjalan. Ada juga yang segera menyusul dikerjakan,” terang Nursiah. Salah satu peningkatan kualitas saluran drainase di sekitar sirkuit serta normalisasi badan sungai. Hal itu dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir pada gelaran event MotoGP mendatang.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button