NTB

LKBN Antara Gelar Diskusi, Peran Media Perangi Informasi Hoaks di Tengah Masyarakat

Seputarntb.com – Kantor Berita Antara NTB menggelar diskusi dengan tema “Peran Media di Tengah Informasi Hoax di Masyarakat ” bertempat di Hotel Santika Mataram, Selasa, 28 Desember 2021. Kegiatan yang dihadiri puluhan jurnalis dari berbagai media massa di NTB tersebut menghadirkan pemateri Pemeriksa Fakta Senior Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Dedy Helsyanto.

Kepala Biro LKBN Antara NTB, Riza Fahriza menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangkaian HUT Antara ke-84 yang jatuh pada 13 Desember 2021. “Kita menggelar ini untuk mensosialisasikan terkait dengan informasi hoax. Karena begitu masifnya pemberitaan hoax di masyarakat. Sehingga masyarakat lebih mempercayai media sosial,” kata Riza.

BACA JUGA :  Arab Saudi Cabut Peraturan Prokes, Kemenag Lotim Upayakan Keberangkatan Haji 2022

Riza mengatakan masyarakat cenderung mempercayai informasi dari media sosial dibandingkan media massa. Sehingga hal ini menjadi tantangan bagi media massa. “Saya optimistis, kalau kita bersama-sama dan berkolaborasi, media massa di NTB ini bisa mengatasi informasi hoax ini,” katanya.

Menurut Riza, informasi hoax akan mengancam persatuan dan kesatuan. Karena masyarakat akan mudah diadu domba. Sehingga, media massa menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dalam memerangi informasi hoax.

“Hoax itu banyak di medsos. Uniknya masyarakat lebih mempercayai informasi hoax itu. Itu mengerikan apalagi kita ketika dalam menghadapi Pilkada. Sehingga kembali lagi, bagaimana peran media massa mengatasi itu,” tandasnya.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button