NTB

Kali Pertama Sidang Keliling Itsbat Nikah PA Selong Dilakukan di Tengah Destinasi Pulau Maringkik

Seputarntb.com – Kali pertama Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas IB menyelenggarakan sidang keliling di Aula kantor Desa Pulau Maringkik, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur pada Senin(30/5/22). Hal itu dilakukan guna kepastian hukum atau dasar hukum atas status pernikahan yang sah yang ditetapkan oleh Pengadilan Agama.

Disamping untuk kepastian hukum atas status pernikahan yang sah juga kepemilikan buku nikah, sehingga buku nikah tersebut menjadi acuan untuk melakukan segala aktivitas baik dengan pemerintah atau kegiatan yang memerlukan surat nikah.

“Sidang Itsbat ini kita lakukan agar bermanfaat serta bisa jadi acuan untuk melakukan aktivitas baik umroh atau yang memerlukan bukti surat nikah. Kemudian yang mengikuti sidang itsbat ini mendapatkan buku nikah dari KUA serta akta kelahiran dari pencatatan sipil sehingga masyarakat sangat terbantu, ” ujar Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Mataram, Dr. H. Empud Mahpudin, SH., MH kepada wartawan.

BACA JUGA :  Kejati NTB Klarifikasi Kasus Pemukulan, Munif: Mereka Demo, Mengumpat-umpat Pimpinan

Ditempat yang sama, Kepala Desa Pulau Maringkik, Nusapati mengatakan terkait antusiasnya masyarakat untuk mengikuti sidang itsbat nikah ini, dengan harapan agar kedepannya masyarakat yang tidak bisa mengikuti sidang itsbat ini bisa mengikutinya di tahap kedua agar tidak terkendala dengan syarat-syarat kegiatan yang memerlukan buku nikah.

“Sidang Itsbat ini atas ajuan dari masyarakat sehingga kita di pemerinta desa mengajukannya pada awal tahun 2021, dan baru dilaksanakan di tahun 2022, saya memaklumi karena bukan hanya Maringkik yang mengajukan untuk dilakukan itsbat nikah ini, namun semua desa di Lotim, ” ujarnya.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button