NTB

Hujan Mengakibatkan Rawan Banjir, Lintas Sektoral Lakukan Antisipasi Banjir

Seputarntb.com – Guna mengantisipasi banjir akibat curah hujan tinggi, lintas sektoral seperti Aparat, Dinas Lingkungan Hidup, serta stakeholder di Lombok Timur, melakukan penertiban sepadan sungai atau dikenal dengan antisipasi banjir, di Desa Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Kegiatan itu dilakukan hanya menjelang dan sesudah hujan lebat.

Hal itu juga disampaikan oleh Kabid Penegakan Perda Pamong Praja(Pol PP) Sunrianto, ” kita lakukan dengan sifatnya insidentil pada saat musim hujan saja” ungkap nya, ketika dikonfirmasi Seputar NTB,Rabu (19/1/22).

Sunrianto menambahkan, alasan dilakukannya ditempat tersebut, karena hanya ditempat itu kerap terjadi banjir dari Desa Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, disebabkan oleh melubernya aliran air di sungai di atas sekitar gunung yang ada disekitarnya, jadi ketika hujan terus menerus terjadi banjir kiriman dari atas. Ungkap Sunrianto.

“Dengan menyingkirkan material batu dan kayu yang ada di sepanjang sungai di sana yang seringkali mengakibatkan banjir di Labuhan Lombok dan sekitarnya yang mengalir langsung ke sungai” ujarnya.

BACA JUGA :  Afifah Putri Kapolda NTB Jalani Tes Pembuatan SIM C di Polresta Mataram

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan mengatakan, “untuk di lokasi rawan banjir, dilakukan penertiban sempadan sungai selain itu kami sudah meninjau dan memberikan kajian serta solusi, tinggal pelaksanaan kegiatannya saja yang mesti di atensi juga oleh masyarakat sekitar, ” ungkap Habib.

Selain itu, DLHK hanya memberi kajian, pelaksanaannya tergantung kebijakan Bupati karena laporan dan kajian kami berikan ke Pimpinan.Sedangkan pelaksanaannya oleh lintas sektoral terkait.

“Kita akan tetap meninjau seperti tahun lalu ditempat yang rawan banjir, alhamdulillah di Desa Labuhan Lombok, yakni di kampung Seruni Mumbul sudah tidak banjir lagi” tutup Habib. (Idok)

Artikel Terkait

Back to top button