NTB

Hadiri Festival Peresean, Kabinda NTB : Positif Memupuk Rasa Patriotisme dan Nasionalisme 

Seputarntb.com – Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, Laskar Sasak mengadakan Festival Seni Tradisional Peresean. 

Bertemakan “Puspawarna Adat Budaya Sasak”, kegiatan tersebut menghadirkan para Pepadu dari berbagai paguyuban peresean yang ada Pulau Lombok.

Bertempat di pantai Duduk 3 Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, kegiatan tersebut disambut sangat antusias oleh masyarakat setempat. Tidak hanya masyarakat lokal,  dari pantauan Seputarntb.com juga terlihat turis dari mancanegara juga turut menyaksikan festival yang akan berlangsung dari tanggal 19 sampai 23 Agustus.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) NTB, Wara Winaya S Sos MSI. Dalam sambutannya, Kabinda NTB mengungkapkan, bahwa dalam rangka merayakan 17 Agustus sebagaimana Laskar Sasak  mengadakan kegiatan peresean yang merupakan budaya masyarakat suku Sasak.

BACA JUGA :  BNNP NTB Gagalkan Peredaran Gelap Narkotika

Lanjut Wara Winaya, festival peresean ini  merupakan tradisi dalam melestarikan budaya Sasak. Budaya yang sudah ada sejak abad ke-13.

“Luar biasa lama, tetapi tetap dilestarikan. Saya berharap kegiatan ini menjadi sesuatu yang positif, sesuatu yang memupuk patriotisme, nasionalisme di Indonesia khususnya di NTB,” ungkap Wara Winaya pada Minggu, (21/8/2022).

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button