NasionalOlahraga

Ronaldo Kwateh, Pemain Timnas Keturunan Afrika Berlogat Jawa

Seputarntb.com – Ronaldo Kwateh berhasil mencuri perhatian publik saat laga uji coba Timnas Indonesia melawan Timor Leste pada Kamis, 27 Januari 2022. Pasalnya, pemain yang baru diturunkan pada paruh kedua tersebut bermain apik dengan memberikan asis kepada Ramai Rumakiek sebelum mengkonversikannya menjadi gol.

Ronaldo Kwateh merupakan debut pemain termuda Timnas Indonesia yang diboyong oleh pelatih Shin Tae-yong. Saat melawan Timor Leste, dirinya baru berusia 17 tahun tiga bulan delapan hari. Selain memperkuat Indonesia, saat ini ia bermain di klub Madura United.

Berkat debutnya, Timnas Indonesia berhasil menggilas Timor Leste dengan skor telak 4-1. Selain karena permainannya yang apik, paras Ronaldo Kwateh dengan rambut gimbal dan kulitnya yang hitam nyatanya mampu mencuri perhatian publik. Sebagian warganet mengira bahwa dia adalah pemain naturalisasi.

BACA JUGA :  Semua Salah Sangka, Ini Pengakuan Penghuni Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat

Padahal tidak demikian. Dilansir sebuah video di kanal YouTube KmavisTV, Ronaldo Kwateh mengaku dirinya berasal dari Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia lahir pada 19 Oktober 2004 dari ayah bernama Roberto Kwateh, seorang mantan pesepak bola dari Liberia, Afrika, dan ibu bernama Citra Rusmawati asal dari Yogyakarta.

Lantaran berdarah Afrika, penampilan Ronaldo sekilas terlihat seperti orang-orang negro pada umumnya. Namun, ketika ia berbicara, tampak jelas logat Jawa-nya alias “medok”. Hal itu, jelas mengindikasikan bahwa dirinya adalah orang Jawa tulen.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button