NasionalOpini

Pak MG: Antara Sembalun, Trawangan dan HPN Lombok

Oleh: Rudi Hidayat*)

Inna Lilllahi Wa Inna Ilayhi Raji’un

Telah Berpulang ke Rahmatullah. Pergi menghadap ke Haribaan Sang Maha Pencipta Mati dan Hidup, Tokoh Pers Nasional Margiono. Meninggal sekitar pukul 09.45 WIB di RSPP Modular Jakarta, begitu dari pesan WA yang dikirim berantai di hampir semua group WA wartawan.

Menghafal Pak Margiono atau Pak MG tak perlu susah, diantara wartawan bertubuh subur, salah satunya adalah Pak MG.

Tapi untuk kemajuan dan geliat Pers di NTB, Pak MG punya kenangan dan nilai tarbiyah (pendidikan/edukasi) tersendiri. Beberapa bulan setelah terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat, PWI NTB menggelar Rakerda di Sembalun atas jasa baik Bupati Lotim Ahmad Sukiman. Sebagai dalang, Pak MG, hapal betul lakon-lakon wayang maupun sejarah dan babad Tanah Jawi, diantaranya tentang beberapa tempat yang namanya sama termasuk Sembalun.

Sebelum membuka Rakerda PWI NTB di Sembalun, beliau banyak bertanya tentang sejarah Sembalun dan tokoh-tokohnya. Sehingga saat membuka Rakerda, beliau mengkaitkan tentang Sembalun yang diperoleh dalam cerita di kaki Gunung Rinjani dengan sejarah dan kisah lainnya. Tentu ini sangat menarik.

BACA JUGA :  Siap-Siap!, LFC Buka Rekrutmen Pemain Sampai 10 Januari 2022

Sebagai Ketua Umum PWI Pusat, Margiono termasuk senang dan sering ke Lombok. Ini terbukti beberapa kali selalu datang ke Lombok kalau diundang PWI NTB. Bukan hanya suasana dan pemandangan alamnya yang bagus tapi juga kulinernya, yang bikin ketagihan. Saya juga pernah mendampingi saat makan di RM Ria Praya bersama teman-teman wartawan yang lain.

Selain ke Sembalun, Pak MG juga pernah ke Gili Trawangan. Waktu itu hendak melepas tukik (anak penyu) dan dikira disiapkan speedboat khusus untuk Pak Ketum oleh panitia lokal, tapi nyatanya ada miskomunikasi sehingga semua naik perahu (publik), dan saya lihat Pak Ketum enjoy saja.

Tapi pulangnya dari Trawangan, pengurus SIWO NTB, Boy Mashudi terlihat sibuk mengusahakan speedboat untuk Pak Ketum tercinta. Semua acara berjalan lancar termasuk penanaman mangrove di Pantai Kute Mandalika Lombok Tengah.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button