Nasional

Buka Rakornas KMHDI, Wapres RI Ma’ruf Amin Minta Generasi Muda Rawat Indonesia

Seputarntb.com – Pesatnya arus informasi dan teknologi yang berkembang membuat budaya, pemikiran, ajaran, dan nilai-nilai asing masuk ke Indonesia dengan mudah. Agar nasionalisme tidak terkikis oleh hal-hal yang bukan mencerminkan identitas bangsa, generasi muda perlu membangun kewaspadaan agar tidak larut dan lupa jati diri.

Untuk itu, generasi muda diharapkan mampu merawat persatuan dan kesatuan sehingga bangsa ini dapat hidup dalam kedamaian dan kerukunan.

“Merawat Indonesia bukan hanya dalam kerangka persatuan dan kesatuan bangsa, melainkan juga merawat kelestarian bumi dan kekayaan alamnya, sehingga manfaatnya dapat dinikmati pula oleh generasi mendatang. Untuk itu keseimbangan dengan alam dan lingkungan sudah sepatutnya menjadi perhatian kita bersama,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika meresmikan Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Ballroom Hotel Prime Park, Mataram, Kamis (30/06/2022).

BACA JUGA :  15 Link Twibbon Hari Amal Bakti Kemenag Ke-76 Tahun 2022, Berikut Cara Membuatnya

Lebih jauh, dalam acara yang mengangkat tema “Merawat Indonesia”, Wapres memberikan tiga pesan khusus yang perlu ditindaklanjuti oleh para pemuda yang tergabung dalam organisasi tersebut.

“Pertama, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia dapat memperkuat organisasinya agar semakin solid secara internal, hingga mampu mengajak anak bangsa untuk memperkuat nasionalisme, merangkul kemajemukan, mencintai budaya, mengembangkan diri di tengah kemajuan teknologi, serta membangun bangsa dan menjaga bumi agar tetap layak huni,” imbaunya.

Yang kedua, tambah Wapres, Rakornas dapat menjadi forum untuk menggali gagasan, menemukan terobosan, dan menentukan langkah strategis dalam membantu pemerintah menyiapkan SDM yang berkualitas.

“Baik penguasaan ilmu pengetahuan, inovasi dan kreativitas, maupun wawasan kebangsaannya,” tuturnya.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button