Gaya Hidup

Psikolog Ungkap Penyebab Kekerasan Seksual pada Anak atau Dikenal dengan “Pedophilic Disorder”

Seputarntb.com – Maraknya kekerasan seksual terhadap anak oleh orang dewasa, khususnya di Kabupaten Lombok Timur mengundang perhatian banyak pihak.

Tak terkecuali dari para Psikologi yang mengungkap mengapa terjadinya  Pedophilic Disorder (Gangguan Pedofilia), menurutnya. Terdapat lima jenis kekerasan seksual yang bisa terjadi seperti kesadisan, kemarahan, dominasi, menggoda, dan eksploitasi.

Adapun penyebab seorang melakukan jenis pelecehan  itu diantaranya karena ketidaksetaraan ekonomi, stres, sarat kecemasan, misoginis, pemanfaatan teknik netralisasi (pembenaran-pembenaran atau alasan-alasan merasionalisasi), hukum dorongan “tanpa disadari”, dan penerimaan “mistik maskulin”.

“Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kekerasan seksual terhadap anak itu terjadi, terlebih pada anggota keluarga sendiri,” ucap Psikolog Hirpan Rosidi, Rabu via WhatsApp (16/3/22).

BACA JUGA :  Jangan Berlebihan, Ini 4 Hal yang Perlu Dihindari saat Pacaran

Selain itu, ada beberapa sebab mengapa seorang ayah melakukan kekerasan seksual pada anaknya, yaitu karena rendahnya nilai kemampuan sosial, intelegensi, dan memiliki sejarah luka di kepala yang menyebabkan ketidaksadaran di masa anak-anak.

“Seorang dewasa yang melakukan kekerasan seksual pada anak di bawah umur merupakan sebuah kelainan psikologis yang disebut sebagai Pedophilic Disorder (Gangguan Pedofilia),” jelasnya.

Gangguan Pedofilia (Pedophilic Disorder) adalah sebuah kelainan psikologis dimana seseorang dewasa atau remaja muda, memiliki fantasi seksual bersama seseorang yang belum mencapai pubertas.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button