Ekbis

PLN Dorong UMKM Manfaatkan Limbah Abu Batubara untuk Bahan Baku Konstruksi

Seputarntb.com – PT PLN bekerja sama dengan Polda NTB mengadakan pelatihan pemanfaatan limbah abu batu bara atau FABA (Fly Ash dan Bottom Ash) menjadi bata interlock, pada Senin (6/6/2022).

Pelatihan digelar di PLTU Jeranjang, Kabupaten Lombok Barat dan PLTU Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini diikuti oleh 18 Bhabinkamtibmas yang merupakan perwakilan dari Polres dan Polsek setempat.

Direktur Pembinaan Masyarakat Polda NTB,  Kombes Pol Dessy Ismail menjelaskan, Faba ini dapat digunakan sebagai material substitusi bahan baku di sektor konstruksi, yakni untuk bahan campuran semen dalam pembuatan batu bata, batako atau paving block.

BACA JUGA :  PHDI Pusat dan Sekda NTB Hadiri Rapat Kerja PHDI NTB di Mataram

“Dengan pencampuran Faba ini, maka biaya produksi akan menjadi lebih murah karena tidak memerlukan banyak campuran pasir dan semen,” kata Dessy.

Dessy berharap dengan semakin banyak masyarakat yang mengetahui pemanfaatan Faba, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang dapat menggunakan Faba ini untuk pembangunan fasilitas umum seperti masjid, pondok pesantren, dan lainnya.

Pihaknya juga mendorong keterlibatan dan peran aktif UMKM dalam mengoptimalkan pemanfaatan Faba di daerah masing masing. Dessy juga tidak menutup kemungkinan untuk membuat MoU dengan PLN NTB untuk memudahkan proses pendistribusian Faba.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button