Ekbis
Trending

Meriahkan Launching RPH Banyumulek, Disnakeswan NTB Gelar Kontes Ternak 

Seputarntb.com – Guna memotivasi para peternak yang sempat terpuruk karena badai pandemi Covid-19, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) menggelar kontes ternak sapi, pada 28-29 Desember 2022.

Kontes ternak sapi ini dilakukan juga dalam rangka peluncuran Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Banyumulek, dimana RPH tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemprov NTB dengan PT Atra Bagawan Nusantara.

“Acara kontes ternak sapi ini merupakan rangkaian dari pemotongan sapi perdana sekaligus launching RPH Banyumulek. Kegiatan ini juga dalam rangka menindaklanjuti hasil Mou antara Pemprov NTB dan PT Atra Bagawan Nusantara,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Khaerul Akbar, Senin (27/12/2022).

BACA JUGA :  Penutupan Pelatihan 320 Peserta Tahun 2022 di LLK Selong, Kepala LLK: Kita Atasi Pengangguran

Menurut Khaerul, PT Atra Begawan Nusantara telah sepakat bekerja dengan Pemprov NTB dalam mengembangkan RPH Banyumulek, yang mana selama beberapa tahun terakhir belum bisa dikelola maksimal.

“Jadi PT Atra Begawan Nusantara ini menyewa RPH Banyumulek ini selama 5 tahun, senilai kurang lebih Rp 500 juta. Untuk merehab beberapa gedung, kemudian peralatannya diganti. Sebab akan memotong sapi sekitar 20 ekor per hari,” paparnya.

Sementara Ketua Panitia Kontes Ternak Muhammad Nur mengatakan bahwa penyelenggaraan kontes ternak ini dibagi dalam dua kategori, yakni kategori ternak eksotik dan kategori ternak lokal.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button